3

Manislor: (16/8), Jema’at Ahmadiyah Manislor berpastisipasi memperingati hari kemerdekaan. Anak-anak ahmadi mulai dari tingkat SD hingga SMP, yang disebut Athfal, memperingati hari kemerdekaan dengan jiwa nasionalisme bak bendera merah putih yang berkibar di udara.

Pukul 15.30 WIB acara pembukaan, peserta yg hadir di masjid Al-Hikmah berkisar 74 orang. Acara diawali dengan perlombaan MHQ yang diikuti oleh 20 peserta.

Peringatan yang diikuti oleh anak-anak ahmadi (athfal) tidak hanya di bidang rohani, tapi di bidang jasmani pun ada. “Dalam rangka menumbuhkan jiwa persaudaraan dan kekompakan antar athfal melatar-belakangi adanya perlombaan jasmani”, ujar Ryan Mubarik Aliansyah, selaku panitia kegiatan.

Sabtu (17/8) pukul 10.00 WIB, merupakan saksi bangkitnya (kembali) semangat athfal sebagai generasi bangsa. Perlombaan makan kerupuk yang diikuti oleh abna yg berumuran 5 tahun, menarik perhatian banyak orang. Tak kalah serunya, perlombaan tarik tambang diiringi oleh lagu kemerdekaan.

Masyarakat terus berdatangan mengerumuni lokasi acara peringatan HUT RI. Hal yang menariknya lagi, acara yang bertempat di lapangan SMP Amal Bakti Manislor itu, tertancap tiang yang berukuran 3,5 meter dari permukaan tanah. Digunakan untuk perlombaan panjat pinang. Satu persatu tim dari athfal banyak yang berguguran saat panjat pinang, tidak sampai ke atas. Bak pahlawan yang sedang bertempur di medan perang, badan berlumur oli hitam. Acara peringatan kemerdekaan RI diadakan selama 3 hari. Di hari terakhir (18/8), athfal masih mengerumuni lokasi peringatan hari kemerdekaan dengan antusias. Tepatnya di hari minggu pagi, 2 perlombaan digelar kembali. Salah satunya perlombaan mengambil uang di tepung. Rekan-rekan athfal berkerumun di depan wadah yg di atasnya diletakan tepung dan uang koin. Walaupun harus berkotor-kotoran, mereka terus meletakan wajahnya ke wadah yang terdapat uang koin dan tepung.

“Saya sangat senang walaupun harus berkotor-kotoran dengan tepung, yang penting saya dapet uang untuk jajan.” Ujar Kevin Maulana Rizki, sambil tertawa ketika diwawancara di Amal Bakti tempat peringatan berlangsung.

“Sangat senang karena biasanya pada 17 agustus sebelumnya, bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Dan Alhamdulillah untuk acara 17 agustus sekarang, lancar dan pesertanya sangat banyak. Semoga dengan peringatan 17 agustus ini, mari kita mengenang jasa-jasa para pahlawan dan para pejuang yang telah memberikan kemerdekaan pada kita. Dan kita juga berjuang untuk mereka. Mari kita contoh semangat dan keberanian para pejuang yang telah mengorbankan hartanya, waktunya, dan kehidupannya.” Ujar M. Abdulloh, selaku Ketua Pelaksana yang diwawancara di media sosial.

Advertisements