Manislor: Senin (18/3) bertempat di Aula Mesjid An­Nur seluruh staff Buletin Kita (BK) dan para pengurus mengadakan sebuah rapat. Rapat yang bertemakan “ Menyamakan Persepsi “ ini dimulai pada pukul 18.30 WIB s/d selesai. Rapat yang dihadiri oleh 17 orang ini bertujuan untuk meluruskan jalannya buletin kita ini untuk kedepannya.

Rapat dipimpin oleh Pak Saelani, dilanjut dengan do’a pembuka yang dipimpin oleh Muballigh Aang Kunaefi. Selanjutnya, pemaparan sejarah terbentuknya Buletin Kita yang dijelaskan oleh Pak Dana selaku Pemimpin Umum di Buletin Kita.

Buletin Kita ini berdiri pada tanggal 10 Oktober 2012, yang diprakarsai oleh 4 sekawan, yaitu: Pak Saelani, Pak Yayat, Pak Dana, dan Pak Uhay. Buletin ini memiliki motto “Menggores Tinta, Mengukir Dunia”. Kepengurusan dari Buletin ini terdiri dari Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi, Editor, Lay Out, dan para Staff Redaksi.

Untuk pemaparan teknis pembuatan berita, dijelaskan oleh Ryan M.A selaku Pimpinan Redaksi. Dalam penjelasannya dibantu oleh Staff dari BK “Prosesnya: berita dari tiap rubrik (bidang-bidang) dikumpulkan, kemudian masuk ke proses pengeditan/ penyuntingan, setelah itu berita dikembalikan ke penulis. Jika memang berita itu sesuai dengan (maksud) penulis, berita akan dikirim ke bagian layout.” Ujar Lika Vulki, salah satu staff redaksi dari BK.

Buletin yang sudah menjadi bagian dari Jemaat Manislor ini sudah terbit dalam 4 edisi. Buletin edisi pertama terbit tanggal 1 November 2012, berjumlah 24 halaman, dan dicetak untuk 200 eksemplar. Dilanjut dengan bulletin edisi ke-2 terbit tanggal 30 November 2012, jumlah halaman dan jumlah yang dicetak sama dengan buletin pertama. Buletin edisi ke-3 dan ke-4 tanggal 1 Februari . dan buletin edisi ke-5 yang tebit tanggal 1 Maret 2013, berjumlah 28 halaman, dicetak sebanyak 200 eksemplar.

Rapat yang diadakan ini salah satu nya membahas tentang anggaran biaya yang digunakan. Untuk masalah donator biaya BK ini memperoleh dari perantau sebesar Rp 200.000,-/ bulan dengan syarat para staff harus konsisten dalam membuat berita. Dan donatur kedua diperoleh dari Nazim Ta’lim sebesar Rp 100.000,-/ bulan. Dalam rapat ini juga para staff dari BK mengusul kan tentang anggaran biaya yang dibutuhkan, anggaran ini sebesar Rp 600.000,-/ bulan yang bisa digunakan untuk mencetak buletin sebanyak 300 eksemplar dengan cover berwarna, karena dengan cover berwarna buletin tampak lebih menarik.

Dan pembahasan berikutnya tentang kestrukturan dari BK. BK yang awalnya berada dibawah naungan Nazm Ta’lim ini pindah, menjadi di bawah naungan Nazm Isya’at. Karena jika di Nazm Ta’lim dianggap kurang sesuai dengan struktur/nizam zema’at

Acara berikutnya dilanjut dengan acara lain­lain. Dalam acara ini seluruh peserta rapat bisa mengkritik atau menyampaikan usulan untuk BK. Dan usulan ini salah satunya di usulkan oleh Ibu Siti Kamilah selaku Ketua LI Manislor.

“Untuk masalah anggaran Insya Allah dari pihak LI bisa membantu. Hanya jika memberitakan berita­berita yang faktual jangan terlalu lama proses pembuatannya.” Saran beliau.

Acara demi acara pun telah selesai dipaparkan, dilanjut dengan acara yang terakhir yaitu do’a penutup yang dipimpin oleh Muballigh Aang Kunaefi.

Semoga masalah­masalah dalam buletin bisa teratasi dan buletin bisa terus ada dan bisa memberikan manfaat bagi seluruh lapisan anggota Jemaat Ahmadiyah khususnya di Manislor. Aamiin Allaahumma Aamiin.

 

 

 

Advertisements