PUCUK PIMPINAN

MAJELIS KHUDAMUL AHMADIYAH INDONESIA

(P.P.M.K.A.I)

Jl. Balikpapan I No. 10 Jakarta Pusat 10130

 

Majelis Khudamul Ahmadiyah Indonesia adalah bagian atau badan dalam Jemaat Ahmadiyah Indonesia yang telah memiliki badan hukum dengan SK Menteri Kehakiman R.I Tanggal 13 Maret 1953 No.J.A5/23/13.

Anggota M.K.A.I adalah laki-laki Ahmadi yang berumur antara 15 sampai dengan 40 tahun. Di samping itu dalam Jemaat Ahmadiyah Indonesia terdapat juga badan-badan lain yang pembagiannya menurut jenis dan kelompok umur.

Untuk laki-laki Ahmadi diatas umur 40 tahun disebut Ansharullah. Untuk laki-laki ahmadi umur 7 sampai 15 tahun disebut Athfalul Ahmadiyah. Wanita Ahmadi dari umur 7 sampai 15 tahun disebut Nasirat, sedangkan wanita Ahmadi diatas umur 15 tahun disebut Lajnah Imaillah.

Secara organisasi Majelis Khudamul Ahmadiyah Indonesia telah terbentuk sejak tahun 1949, dan kemudian mengalami berbagai penyempurnaan. Setelah melewati proses organisasi, Majelis Khudamul Ahmadiyah Indonesia (P.P.M.K.A.I) pada tanggal 28-12-1952, susunan pengurusnya yang pertama terpilih tahun 1953 tanggal 1 januari di jakarta, dan kemudian mengalami revisi pada tanggal 5 juli 1953.

Saat ini, Majelis Khudamul Ahmadiyah Indonesia (M.K.A.I) anggotanya tersebar diseluruh Indonesia sesuai waktu dan tempat dimana Cabang-cabang Jemaat Ahmadiyah Indonesia berdiri. Sedangkan Pucuk Pimpinan Majelis Khudamul Ahmadiyah Indonesia (PPMKAI) yang fungsi tugasnya mengelola segala kegiatan Majelis Khudamul Ahmadiyah Indonesia (M.K.A.I) – sampai saat ini berpusat di Jalan Balikpapan I No. 10 Jakarta Pusat 10130.

Advertisements