Masyarakat di Indonesia mungkin banyak yang belum mengetahui tentang  metode pengobatan homeopathy, oleh karena minimnya sumber informasi yang dapat diakses maupun minimnya praktisi–praktisi homeopathy resmi.

Apa itu Homeopathy?

Homeopathy adalah satu metode atau ilmu pengobatan alami, yang berdasarkan pada suatu prinsip ‘serupa dapat menyembuhkan yang serupa’. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa unsur–unsur yang dapat menyebabkan sejumlah gejala penyakit pada orang sehat dan juga dapat menyembuhkan gejala yang sama pada orang yang sakit.

Metode penyembuhan secara homeopathy sudah ada sejak abad ke V sebelum Masehi, teori ini pertama kali diperkenalkan oleh Hipokrates.Setelah sekian abad dilupakan kemudian  pada akhir abad ke 17 tepatnya pada tahun 1790 Samuel Hahneman seorang dokter berkebangsaan  Jerman menggali dan menataulang metode pengobatan ini.

Bagaimana Homeopathy bekerja?

Pada dasarnya tubuh manusia mempunyai system kekebalan sendiri terhadap suatu penyakit, dalam ilmu Homeopathy tubuh kita memiliki suatu kekuatan atau tenaga penyembuh alami yang mampu menyembuhkan dirinya sendiri. Apabila dalam keadaan seimbang, namun jika keseimbangan dalam tubuh terganggu maka penyakit akan sangat mudah menyerang kita. Obat homeopathy pada dasarnya bekerja untuk menyeimbangkan kembali  system penyembuh alami tubuh kita sekaligus merangsang tubuh kita untuk secara alami meningkatkan daya ketahanan tubuh, sehingga mampu menyembuhkan dirinya sendiri.

Dalam metode Homeopathy,  tubuh manusia itu dilihat secara menyeluruh, bukan bagian yang terpisah–pisah sesuai dengan sakit yang diderita organ tertentu. Proses diagnose suatu keluhan penyakit menurut homeopathy mencakup manusia itu secara keseluruhan mulai dari sejarah, bagaimana proses interaksi dengan lingkungan, baik social maupun secara individu, faktor fisik dan psikis, menjadi pertimbangan utama dalam usaha untuk mengembalikan kondisi keseimbangan tubuh. Homeopathy melihat suatu keluhan pada organ berdasarkan suatu proses-proses yang berlangsung secaradinamis yang saling berhubungan satu dengan yang lain.

Apakah Homeopathy ituaman?

Pertanyaan diatas, tentu ada dibenak masyarakat Indonesia,melihat perkembangan Homeopathy di Indonesia tidak pesat seperti di Negara Jerman, Perancis, Swiss, Inggris, India, dan Pakistan. Sejak ditataulang dan disempurnakan oleh Samuel Hahneman, obat Homeopathy telah terbukti aman dan efektif dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit karena dibuat secara dinamis dari bahan–bahan alami seperti tumbuh–tumbuhan, hewan, mineral dan bahan lain. Obat Homeopathy tidak beracun dan tidak menyebabkan kecanduan, walaupun ada beberapa bahan mentah berasal dari unsur yang mengandung racun, namun karena proses pengenceran dan pengocokan yang berulang–ulang, unsure tersebut menjadi minimum dan justru menjadikan khasiat  zat tersebut efektif  untuk menyembuhkan. Keamanan obat-obat Homeopathy sudah terbukti nyata  untuk ibu hamil, ibu menyusui, anak –anak, bahkan bayi yang baru lahir pun dapat mengonsumsi obat Homeopathy selama diberikan oleh ahli Homeopathy atau Dokter homeopathy.

Sebagaimana kata orang-orang pintar, menghindari penyakit lebih baik dari pada mengobati. Uang memang bias membeli obat, tapi tidak bias membeli kesehatan. Jika sudah jatuh sakit berbagai masalah akan menyusul dikemudiannya.

Oleh karena itu, mengenal dan rajin mengonsumsi Homeopathy, Insya Allah akan jadi perantara untuk membuat tubuh kuat menghadapi penyakit berbahaya. (Nuni – Sumber: Google)

Ya Allah, sesungguhnya Engkaulah yang Maha Menyembuhkan.

 

Advertisements