Manislor : (31/12) Di penghujung tahun 2014 yang bertepatan dengan hari libur sekolah, menjadi hari yang sangat dinantikan oleh seluruh nashirat dan athfal Manislor. Karena, hari itu merupakan pekan nashirat dan athfal. Dengan menempati salah satu Masjid pusat di Jemaat Manislor, An-Nur. Seluruh nashirat dan athfal turut serta dengan antusias dan semangat dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang nashirat dan athfal. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Daus, dilanjut dengan pembacaan janji athfal oleh Mahmud, dan pembacaan janji nashirat oleh Ny. Yati Nurhayati selaku Sekretaris nashirat.

Setelah dibuka dengan do’a yang dipimpin oleh Mln. Aang Kunaefi, acara dilanjut ke acara inti, yaitu evaluasi yang dipimpin oleh moderator (pembimbing nashirat dan athfal). Evaluasi pertama adalah hafalan hadist, evaluasi kedua adalah Hafalan Al-Qur’an, dilanjut dengan sejarah Islam dan Ahmadiyah, serta evaluasi pembacaan syair dari setiap kelompok masjid.

Tak terasa seolah waktu berdetik dengan cepat, adzan Dzuhur pun berkumandang, acara dihentikan sejenak untuk shalat Dzuhur berjamaah –yang akan dijamak dengan shalat Ashar. Setelah melaksanakan shalat, para peseta beristirahat sejenak. Pada acara selanjutnya, nashirat dan athfal diberikan selembar kertas berwarna untuk membuat kreasi origami. Mereka pun sangat kreatif dalam membuat kreasi yang diinginkan, di antaranya ada yang membuat ikan, pesawat, katak, balon, dan masih banyak lagi. Mereka pun menjelaskan apa yang telah mereka buat, dan yang terakhir mereka menempelkan kreasinya di papan tulis yang tersedia.

Keesokan harinya, tepat pada pukul 07.00 WIB (01/01) –yakni awal tahun 2015- bertempat di gedung Fadhal Umar, satu per satu peserta mulai berdatangan, baik itu nashirat, athfal, maupun pembimbing. Mereka begitu bersemangat untuk mengikuti cross country dengan menempuh rute di beberapa masjid di Jemaat Manislor. Rute akhir dari cross country adalah Rute awal, masing-masing dari mereka kembali ke gedung Fadhal Umar dan beristirahat serta membuka bekal yang mereka bawa dari rumah. Terlihat kebersamaan dan persaudaraan dari sesama nashirat dan athfal. Setelah menghabiskan bekal dan beristirahat, mereka membuat kreasi dari koran yang sudah tidak terpakai. Setelah kreasi mereka selesai maka seorang perwakilan dari masing-masing kelompok menampilkan hasil kreasinya dengan mengenakannya bak peragawan dan peragawati yang berjalan diatas catwalk. Lalu, setelah mereka menyelesaikan acara, mereka pulang ke rumah masing-masing.

Keesokan harinya, (02/011) semua nashirat dan athfal berkumpul kembali di masjid An-Nur pukul 14.00 WIB untuk mengikuti acara penutupan. Acara penutupan diramaikan dengan pembagian hadiah. Lalu do’a penutup dipimpin oleh Mln. Nasiruddin Ahmad.

Pekan nashirat dan athfal pun berakhir. Namun manfaat dan ilmu yang didapat tidak akan pernah berakhir. InsyaAllah akan menjadi sumber semangat dalam berkhidmat untuk kemajuan Jemaat. Aamiin Allahumma aamiin. Sekian.

(Nuni, Nadita, Nia, Anisa)

Advertisements