Manislor – Jum’at (06/02/2015). Acara IGMA yang dilaksanakan ba’da Isya di mesjid An-Nur lantai dua diisi dengan nonton bareng film pendek ‘bergenre’ motivasi muslim.

Ahmadiyah Manislor : IGMA Mempersembahkan ‘Cinta Shubuh’

Adapula narasumber yang hadir pada IGMA kali ini yaitu Mln. Ataurrahman. Acara dipandu oleh Tn. Diki dan Nn. Lika Vulki sebagai moderator ‘nobar’. Khudam dan LI menonton film dengan khusu’ dan hening karena memang suara film tersebut kurang terdengar.

Setelah menonton film yang berdurasi 20 menit tersebut, moderator memohon agar ada perwakilan dari khudam dan LI agar dapat menyampaikan kesimpulan yang diperoleh dari film tersebut.

Menurut Nadita “Dari film (yang berjudul) Cinta Subuh, kita dapat mengambil hikmah, misalnya yang tadinya kita susah bangun untuk shalat Shubuh, tetapi karena berjuang dan berusaha, akhirnya kita bisa bangun sendiri bahkan membangunkan orang lain”.

Menurut pendapat Mahmud “Kita harus menjalankan shalat Shubuh sebagai salah satu perintah Allah Ta’ala, dengan kita menjalankannya, Insya Allah segala urusan dunia seperti jodoh dan pekerjaan, akan diberikan kemudahan oleh-Nya”.

Menurut pendapat Nuni, “Bila menjalin hubungan itu harus saling mengingatkan kepada kebaikan, contohnya mengingatkan shalat Shubuh dan biasakan untuk bangun di waktu Shubuh. Dan yang paling inti dari segalanya adalah do’a, do’a dapat menguatkan kondisi kita yang tadinya lemah, menjadi lebih semangat, do’a juga dapat mengubah sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin”.

Menurut Lika Vulki sebagai moderator “Islam akan mengalami kemenangan, jika pada saat shalat Shubuh itu makmumnya banyak seperti shalat Jum’at, Islam juga akan mengalami kemenangan, jika pada saat shalat Jum’at makmumnya banyak seperti shalat Ied”.

Dan yang terakhir yaitu penjelasan Mln. Ataurrahman sebagai narasumber yang menengahi pendapat yang sudah disampaikan oleh perwakilan khudam dan LI.

Mln. Ataurrahman mengatakan bahwa shalat subuh yaitu kunci dari kesuksesan. Shalat yang tidak biasa dikerjakan oleh orang munafik yaitu shalat Shubuh dan Isya. Maka dari itu sebagai seorang muslim haruslah berbeda dengan orang munafik, tentunya dalam hal-hal positif. Adapula shalat sunnah sebelum tiba waktu Shubuh yaitu shalat sunnah Tahajud. Bagaimana caranya agar bisa bangun untuk melaksanakan shalat Tahajud? Di dalam buku Dzikir Ilahi, Huzur mengatakan bahwa cara agar bisa bangun untuk shalat tahajud yaitu diantaranya ialah 3 poin: (1) Sebelum tidur harus berwudhu dan harus berdo’a; (2) Diniatkan sebelum tidur untuk bangun shalat tahajud; dan (3) Usahakan agar tidak mengobrol sesudah shalat isya.

Begitulah isi dari acara IGMA kali ini, yang paling terpenting adalah kita juga harus melaksankan shalat-shalat fardu lainnnya secara berjamaah, selain dari shalat Shubuh. Selalu ada harapan di setiap materi yang didapat seusai acara IGMA, dan harapan kali ini yaitu semoga kemenangan islam dapat kita raih dengan mudah melalui jemaat Ahmadiyah, bisa kita mulai dari hal kecil seperti materi pada IGMA kali ini yaitu melaksanakan shalat Shubuh. Tetap Istiqamah di jalan Tuhan. Aamiin Allahumma aamiin. Sekian.

Advertisements